Italy

5 Pelatih Paling Fenomenal Serie A Italia

Pelatiih fenomenal di Liga Italia

Tidak pernah mudah menjalani pekerjaan sebagai seorang pelatih sepak bola, ada tugas dan tanggung jawab besar yang harus mereka jalani setiap pekannya. Ketika sebuah tim sepak bola mengalami kekalahan atau memperlihatkan performa yang buruk, umumnya pelatih adalah yang pertama kali disalahkan dan mendapat kritik. Pada intinya, seorang pelatih mengemban tugas yang sangat berat, meski secara fisik, mereka tidak berlatih sekeras pemain sepak bola.

Serie A Italia, Liga Yang ‘Kejam’ Untuk Pelatih

Dibandingkan Liga Spanyol, terlebih Ligue 1 Prancis dan Bundesliga Jerman, bisa dikatakan Serie A Italia adalah liga yang ‘kejam’ pada pelatih. Bagaimana tidak ? ketika sebuah tim bermain buruk, terlebih lagi jika menelan kekalahan, maka pelatih adalah sosok pertama yang disalahkan. Hal ini sudah dirasakan banyak pelatih seperti Max Allegri, Antonio Conte, Carlo Ancelotti, Maurizio Sarri, Fabio Capello dan yang lainnya. Bahkan,ketika timnya gagal finish di peringkat pertama pada klasemen akhir Serie A , pelatih menjadi sosok yang paling bertanggung jawab.

Pelatih Paling Fenomenal di Serie A Italia

Ada banyak sekali pelatih fenomenal di Liga Italia. Mulai dari mereka yang suka merokok sampai gaya kehidupan pelatih serie A Italia.

kebanyakan pelatih top di Liga Italia sendiri memiliki kegemaran mengoleksi kendaraan mewah seperti mobil mewah dan motor mewah. Namun ada sebagian juga pelatih yang membeli kapal pesiar untuk pergi liburan.

Mantan pelatih Juventus Dino Zoff mendapatkan bayaran tinggi di Juventus dan membeli sebuah kapal pesiar mewah yang mampu mengarumi lautan hingga ribuan kilometer.

Kabar beredar bahwa Dino Zoff telah membeli kapal pesiar yang bernama Skyback. Kapal pesiar ini memang tidak terlalu besar akan tetapi kemewahan di dalamnya sangat luar biasa. Terdapat bioskop, pusat kebugaran, lapangan tenis dan masih banyak lagi fasilitas memukau di dalamnya.

Baca:   6 Pemain Bola Paling Kaya di Liga Italia

Meski demikian, nama-nama pelatih berikut ini telah membuktikan bahwa mereka bisa sukses di Serie A italia, dengan memenangkan gelar Scudetto terbanyak dalam sejarah.

  • Giovanni Trapattoni
Giovanni Trapatonni

Para fans Juventus sangat menghormati sosok pelatih legendaris yang membawa banyak sukses bagi klub kesayangan mereka di masa lalu, dia adalah Giovanni Trapattoni atau yang juga dikenal dengan julukan Mr. Trap. Trapatonni dua periode menangani Juventus, dimana Periode pertama berlangsung pada 1976 sampai tahun 1986, sedangkan periode keduanya di Turin berlangsung antara tahun 1991 sampai 1994. Selama dua periode berbeda tersebut, Mr. Trap berhasil mempersembahkan enam gelar juara Serie A Italia untuk Juventus, tak hanya itu dia juga membawa Juve memenangkan gelar Liga Champions eropa di tahun 1984.

  • Marcello Lippi
pelatih liga italia marcello lipi

Setelah Trapatonni atau Mr.Trapp bisa dikatakan Marcello Lippi adalah pelatih fenomenal kedua dalam sejarah Serie A Italia. Lagi-lagi, kesuksesan pelatih yang satu ini dicatatkannya bersama dengan Juventus. Sama seperti Trapatonni, Lippi juga menjalani dua periode menangani Juventus, periode pertama tahun 1994 sampai tahun 1999, sedangkan periode keduanya berlangsung di tahun 2001 sampai 2004. Selama dua periode itu, Marcello Lippi sukses persembahkan lima gelar Scudetto untuk Juventus, dan satu trofi Liga Champions Eropa.

  • Massimilliano Allegri

Pelatih Juventus ini layak masuk dalam daftar, pasalnya setelah sempat diragukan ketika ditunjuk menggantikan Antonio Conte pada tahun 2014 silam, Allegri kini banjir pujian usai antar Juventus memenangkan empat gelar Scudetto secara beruntun, dan dua kali melangkah ke final Liga Champions Eropa. Tak hanya itu, Allegri juga berhasil membawa Juve memenangkan empat Coppa Italia. Sebelum sukses bersama Juventus, Allegri juga berhasil menangkan Scudetto besama AC Milan. Artinya dia telah mengoleksi lima gelar Scudetto sebagai pelatih sepak bola. Dalam daftar ini, hanya Allegri seorang yang masih aktif bermain.

  • Fabio Capello
Baca:   6 Pemain Bola Paling Kaya di Liga Italia
Pelatih liga italia fabio capello

Sebenarnya banyak fans AC milan yang meragukan kapasitas Fabio Capello ketika mantan pelatih Real Madrid ini ditunjuk untuk menggantikan Arrigo Sacchi di kursi manajer pada tahun 1991. Namun pada kenyataannya, Capello adalah pelatih tersukses AC Milan di pentas domestik, sebagaimana sang manajer berhasil membawa Rossoneri memenangkan empat Scudetto . Dia sebenarnya sempat membawa Juventus meraih Scudetto dua kali, sayangnya dua scudetto itu dicabut kembali oleh FIGC karena scandal Calciopoli yang menimpa Juventus di tahun 2006.

  • Antonio Conte

Dan yang terakhir adalah Antonio Conte, mantan pelatih Chelsea ini sukses bersama Juventus memenangkan tiga titel Scudetto secara beruntun, antara musim 2011/12, 2012/13 dan 2013/14.