Italy

Deretan Pelatih Tersukses di Liga Italia

daftar pelatih sukses di Liga Italia

Menjadi seorang pelatih sepak bola, mungkin terlihat lebih mudah dibandingkan menjadi pemain sepak bola itu sendiri. Pasalnya, seorang pelatih tidak perlu melakukan latihan tendangan bebas, atau menangkap bola seperti seorang penjaga gawang. Hanya saja menjadi seorang pelatih sepak bola berarti mengemban tugas yang berat, karena tanggung jawab mereka lebih besar dibandingkan para pemain. Ketika sebuah tim menelan kekalahan, atau performa yang mengecewakan, yang pertama kali disalahkan adalah seorang pelatih.

Di Liga Italia, Tugas Pelatih Lebih Berat

Serie A Italia memang tidak sepopuler di Era 90an dulu, mereka kalah pamor dibandingkan Liga Primer Inggris dan La lIga Spanyol. Tapi jangan salah, liga yang satu ini dianggap sebagai liga yang paling taktikal, sehingga tangan dingin seorang pelatih dalam meramu taktik disana begitu berpengaruh. Tak heran, banyak pihak yang menilai bahwa di Liga Italia, tugas seorang pelatih lebih berat dibandingkan di liga lainnya .

Pelatih Tersukses Dalam Sejarah Liga Italia

Walaupun terbilang sebagai liga yang sulit bagi para pelatih, namun faktanya ada banyak pelatih yang dianggap sebagai pelatih tersukses dalam sejarah kompetisi tahunan ini, siapa saja mereka ?

  • Giovanni Trapatonni
Giovanni Trapatonni pelatih bola tersukses di Liga Italia

Yang layak berada dalam urutan teratas dalam daftar ini adalah Giovanni Trapatonni. Setelah menghabiskan semusim sebagai pelatih AC Milan, Trapatonni memutuskan hijrah ke Juventus pada tahun 1976, dan menghabiskan sepuluh tahun karirnya sebagai manajer Bianconneri. Dibawah arahannya selama satu dekade, Juventus berhamburkan trofi, enam gelar Scudetto, dua coppa italia, dan satu trofi Liga Champions Eropa. Kemudian dia menangani Inter Milan selama lima tahun, mempersembahkan satu trofi Scudetto dan satu Piala Eropa. Mr. Trapp begitu julukannya, kemudian kembali ke Juventus, membawa Bianconneri kembali memenangkan Liga Champions Erop di tahun 1993.

  • Carlo Ancelotti
Baca:   6 Pemain Bola Paling Kaya di Liga Italia
Carlo Ancelotti pelatih sepak bola sukses di Liga Italia

Ancelotti adalah satu-satunya nama dalam daftar ini yang masih aktif melatih sampai sekarang, meski pernah menangani Juventus, tapi periode suksesnya Justru berlangsung saat masih menangani AC Milan pada periode 2001 sampai 2009. Selama delapan tahun membela Rossoneri, Don Carletto berhasil persembahkan sejumlah trofi bergengsi, termasuk dua titel Liga Champions Eropa, satu scudetto, dua Piala Super eropa, satu piala dunia antarklub dan sejumlah trofi lain. Saat ini, mantan pelatih Bayern Munchen tersebut kembali berkarir di Serie A italia dengan menangani Napoli.

  • Fabio Capello

Pada awal penunjukkannya sebagai pelatih AC Milan di tahun 1991, sebagian besar fans AC Milan mengkritik keputusan klub, pasalnya Arrigo Sacchi yang sebelumnya menjadi manajer Rossoneri, mencatat sukses yang besar, dengan memenangkan dua trofi Liga Champions. Tapi, kritik tersebut perlahan berubah menjadi sanjungan ketika Capello sukses persembahkan 4 Scudetto, 3 Piala Super Eropa, 1 Trofi Liga Champions, dan sejumlah gelar bergengsi lainnya. Dia juga pernah membawa Juventus menjuarai Serie A Italia di musim 2004/05, dan 2006/07, sayangnya dua scudetto itu diambil alih oleh FIGC lantaran skandal calciopoli yang melibatkan Juventus.

  • Marcello Lippi
Marcello Lippi pelatih sukses di Liga Italia

Dan yang terakhir merupakan salah satu dari sederet pelatih terbaik yang pernah dimiliki juara bertahan Serie A italia saat ini, Juventus, tak lain adalah Marcelo Lippi. Pelatih yang sempat membawa Tim Nasional Italia juara pada ajang Piala dunia 2006 silam tersebut, menukangi Juventus pada dua periode berbeda, periode 1994 sampai 1998, dan periode 2001 sampai 2004. Dalam dua periode berbeda tersebut, Lippi sumbangkan lima scudetto, 4 Piala Super Coppa Italia, 1 Coppa Italia, Satu Trofi Liga Champions Eropa dan sejumlah gelar lainnya.

Baca:   5 Pelatih Paling Fenomenal Serie A Italia

Marcello Lippi selain menjadi pelatih paling sukses di Liga Italia, dirinya juga menjadi salah satu pelatih sepak bola dengan gaya hidup paling menonjol diantara pelatih lainnya.

Identik dengan rokok cerutunya, kabar tersiar bahwa mantan pelatih Juventus itu ternyata gemar mengoleksi cerutu sekaligus sangat doyan sekali mengisap cerutu tersebut.

Koleksi cerutu yang paling di sukai oleh Lippi adalah Gurkha Black Dragon. Harga dari cerutu tersebut ternyata merupakan cerutu paling mahal di dunia. Harganya berkisar 13 jutaan rupiah.